06

Jul
 

Carstenszresidence, Tangerang – Apartemen telah menjadi salah satu hunian gaya hidup orang-orang yang tinggal di kota-kota besar. Apartemen menawarkan berbagai gaya hidup praktis yang sangat cocok untuk kehidupan yang dipenuhi kesibukan.

Namun sebelum memilih tinggal di apartemen, ada baiknya Anda mengenal jenis dan tipe unit apartemen. Banyak tipe apartemen yang dijual di pasaran, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan keperluan dan kebutuhan Anda. Apa saja tipe dan jenis unit apartemen yang ada di pasaran? Berikut selengkapnya.

Apartemen Tipe Studio

Apartemen tipe studio adalah apartemen yang terdiri dari satu ruangan besar tanpa sekat kamar. Sehingga satu-satunya ruangan yang terpisah adalah kamar mandi. Dapur  tipe apartemen studio biasanya hanya dibatas oleh lemari atau meja bar. Secara rata-rata, apartemen tipe studio yang dijual di pasaran adalah apartemen studio dengan luas 25 meter persegi hingga 30 meter persegi.

Apartemen studio memiliki fungsi beragam yaitu sebagai kamar tidur, ruang makan, ruang kerja dan sekaligus ruang tamu. Biasanya harga yang ditawarkan oleh tipe apartemen studio lebih murah dibandingkan dengan tipe lainnya.

Kelebihan dari apartemen ini adalah biaya perawatannya yang murah, simpel dan praktis, ruangan mudah ditata, dan mudah dibersihkan. Adapun kekurangannya adalah ruangan terasa lebih terbatas.

Untuk mengatasi keterbatasan ruangan, Apartemen Carstesnsz menawarkan unit apartemen tipe studio dengan luas yang jauh dari rata-rata apartemen tipe studio lainnya. Ukuran apartemen tipe studio yang ditawarkan oleh Apartemen Carstensz seluas 39,6 meter persegi sehingga ruangan yang tersedia lebih luas dan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk melakukan aktivitas di apartemen.

Apartemen Tipe Alcove Sudio

Apartemen ini memiliki kesamaan dengan apartemen tipe studio. Perbedaannya hanya terletak pada bentuknya karena memiliki bentuk huruf L. Apartemen tipe alcove studio juga memiliki dua sekat yang berbeda dari tipe apartemen studio yang hanya memiliki satu sekat saja. Sekat ekstra ini dapat Anda manfaatkan sebagai kamar tidur utama atau kebutuhan lainnya. Banyak orang yang menyebut apartemen tipe ini sebagai apartemen tipe half room.

Kelebihan apartemen ini adalah ruangan yang terasa lebih luas, memiliki ruangan tambahan yang dapat dimanfaatkan, dan tersedia lebih banyak opsi tata ruangan. Namun beberapa kekurangan apartemen ini antara lain harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan apartemen tipe studio, dan membutuhkan biaya ekstra untuk dekorasi.

Apartemen Tipe Loft

Apartemen tipe loft memiliki konsep yang mirip dengan apartemen tipe studio, namun apartemen tipe loft ini memiliki langit-langit yang tinggi disertai dengan ekstra ruangan loteng (loft). Loteng ini sangat bermanfaat untuk dijadikan ruang tidur ataupun ruangan lainnya. Keuntungan apartemen tipe loft yang lain adalah sirkulasi udara yang baik karena memiliki langit-langit yang tinggi.

Kelebihan apartemen tipe loft adalah langit-langit yang tinggi sehingga ruangan menjadi terasa lebih luas, pencahayaan yang baik, sirkulasi udara yang baik, dan model terbuka yang fleksibel. Kekurangannya adalah perbaotan yang lebih mahal diperlukan untuk mendekorasi apartemen tipe loft.

Apartemen Tipe Kamar

Apartemen tipe kamar tidur ini cocok bagi Anda yang telah berkeluarga atau yang ingin tinggal bersama teman. Seperti rumah tapak, apartemen tipe kamar ini memiliki sekat yang memisahkan setiap ruangan di dalamnya. Dengan pemisahan tersebut, Anda akan lebih mudah untuk memanfaatkan fungsi masing-masing ruangan, sehingga akan terasa seperti tinggal di rumah tapak.

Kelebihan apartemen ini adalah tersedianya berbagai ruangan dengan fungsi spesifik seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi, privasi lebih terjaga, lebih banyak area penyimpanan. Namun kekurangannya antara lain harga yang lebih mahal, dan lebih banyak perabotan yang diperlukan untuk mendekorasi apartemen tipe kamar.

Apartemen Tipe Convertible

Apartemen tipe ini memiliki ukuran yang jauh lebih luas dibanding dengan apartemen tipe lainnya. Sama seperti apartemen tipe kamar, apartemen ini memiliki sekat yang memisahkan berbagai ruangan didalamnya. Sekat apartemen ini biasanya terbuat material dinding dan beton sehingga lebih kuat dan dapat digunakan sebagai area penyimpanan yang lebih kokoh.

Kelebihan apartemen ini adalah harganya yang ternyata lebih ekonomis dibandingkan dengan apartemen tipe kamar, ruangan yang lebih luas, fungsi ruangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan bagian pemisah yang bisa dijadikan ruang penyimpanan. Sementara kekuarangannya adalah dinding pemisah yang tidak menambah variasi, dan mengurangi keleluasaan bergerak.

Apartemen Tipe Garden

Seperti namanya, pembeda utama apartemen tipe ini ada pada bagian kebun atau taman. Namun, penamaan ini memiliki dua makna yaitu apartemen yang menghadap ke taman atau apartemen yang dilengkapi dengan taman. Biasanya apartemen tipe garden dipilih oleh mereka yang menginginkan tinggal di apartemen namun dengan tambahan kebun pribadi. Apartemen tipe ini biasanya terletak di lantai paling bawah sehingga sangat mudah untuk diakses.

Kelebihan apartemen ini adalah cocok untuk pekerja malam, mudah diakses, ramah terhadap hewan peliharaan, lebih hemat energi, dan bisa berkebun. Sementara kekurangannya adalah kurang asupan cahaya alami, terasa lebih lembab, tak mendapat bonus pemandangan, dan kenaikan harga yang lebih lambat.

Apartemen Tipe Penthouse

Apartemen tipe penthouse terletak pada bagian yang paling tinggi dari sebuah apartemen. Biasanya terdapat lift pribadi bagi penghuni untuk memudahkan akses. Apartemen ini juga lebih luas dari apartemen lainnya dan terdapat berbagai fasilitas yang lebih canggih dari tipe unit yang lainnya.

Kelebihan apartemen ini adalah kenyamanan lebih terjamin, fasilitas mewah, pelayanan kelas premium, dan ukuran yang lebih luas. Namun kekurangannya adalah harga yang jauh lebih mahal dan biaya perawatan yang jauh lebih mahal juga.

Demikianlah berbagai tipe apartemen yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat memilih apartemen tipe studio, tipe alcove studi, dan tipe loft jika ingin kehidupan yang lebih praktis dan tak ingin dipusingkan oleh berbagai kewajiban perawatan. Namun, jika Anda tidak kebertan mengeluarkan lebih banyak waktu dan dana untuk perawatan, Anda dapat memilih apartemen tipe kamar, tipe convertible, dan tipe penthouse. Dan jika Anda ingin apartemen premium dengan berbagai tipe yang lengkap, Apartemen Carstensz jawabannya! (ADR)